STATISTIK /FIA Unilak
  • Dikunjungi oleh : 138709 user
  • IP address : 54.81.139.56
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning
TINJAUAN MANAJEMEN

Pimpinan meninjau sistem manajemen mutu organisasinya, dalam selang waktu yang direncanakan, untuk memastikan kelanjutan kesesuaian, kecukupan dan efektifitasnya. Tujuan ini harus mencakup penilaian peluang untuk peningkatan dan kebutuhan untuk perubahan sistem manajemen mutu, termasuk kebijakan mutu dan sasaran mutu,
Catatan dari tinjauan manajemen harus dipelihara.

Masukan tinjauan manajemen mencakup informasi mengenai:

  1. Hasil audit
  2. Umpan balik
  3. Kinerja proses dan kesesuaian
  4. Status tindakan pencegahan dan perbaikan
  5. Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya
  6. Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
  7. Rekomendasi untuk peningkatan.

Keluaran Tinjauan

Keluaran dari tinjauan manajemen harus mencakup adanya keputusan dan tindakan yang berhubungan dengan:

  1. Peningkatan keefektifan sistem manajemen mutu dan proses-prosesnya
  2. Peningkatan dari produk yang berhubungan dengan persyaratan
  3. Kebutuhan sumber daya.

Tinjauan manajemen adalah salah satu klausul yang penting dalam penerapan sistem manajemen mutu. Tinjauan manajemen biasanya dilakukan secara rutin tahunan yang pelaksanaannya tergantung penetapan dari perusahaan tetapi umumnya dilakukan satu tahun sekali. Tinjauan manajemen umumnya dilakukan dengan cara rapat bersama antarbagian/bidang untuk memaparkan pencapaian dan kendala yang dihadapi oleh karena itu seringkali lazim disebut Rapat Tinjauan Manajemen. Pelaksanaan dari tinjauan manajemen harus di pelihara catatannya namun disini juga terkadang menjadi kendala bagi fakultas untuk membuat laporan hasil Tinjauan Manajemen yang baik. Sehingga seringkali dijumpai meski sudah dilaksanakan namun masih juga mendapatkan temuan pada saat adanya audit eksternal hal ini dikarenakan masih adanya kekurangan dalam penyampaian dan laporan tinjauan manajemen.

Berikut penjelasan masukan dari tinjauan manajemen :

1. Hasil Audit : pemaparan hasil audit yang telah dilakukan baik itu audit internal maupun audit eksternal.

2. Umpan balik : Berisi tentang berbagai keluhan mitra yang datang secara langsung maupun dari survey kepuasan yang telah dilakukan. dalam hal ini patut dipertimbangkan untuk menampilkan hasil rekapitulasi survey kepuasan mitra/ alumni/ mahasiswa. Dan juga langkah pencegahan dan perbaikan terhadap adanya keluhan.

3. Kinerja Proses dan kesesuaian hasil : Masing-masing bidang menampilkan pencapaian sasaran mutu yang telah di tentukan. yang perlu dicermati adalah langkah pencegahan dan perbaikan untuk sasaran mutu yang tidak dapat dicapai oleh suatu bidang.

4. Status tindakan pencegahan dan perbaikan : Menampilkan status dari tindakan pencegahan dan perbaikan termasuk dari hasil audit internal/eksternal, keluhan pelanggan dan lain-lain.

5. Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya (bila ada)

6. Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu : perubahan yang telah dilakukan perusahaan seperti perubahan prosedur, manual mutu, perubahan proses kerja dan juga struktur organisasi yang berpengaruh pada sistem, termasuk bila ada perubahan dalam peraturan perusahaan maupun peraturan pemerintah.

7. Rekomendasi untuk peningkatan : masukan dari manajemen dan peserta tinjauan manajemen dalam rangkan peningkatan penerapan sistem manajemen mutu.