Senin, 12 Feb 2024, 13:59:07 WIB, 335 View , Kategori : Umum

Ket Foto : Dosen, guru dan karyawan di SMA Negeri 4 Tualang Kabupaten Siak, beberapa waktu lalu

Kemitraan Perguruan Tinggi dan SMA

 

Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program ramah lingkungan untuk kelestarian alam yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Repulik Indonesia (KLHK RI). Program ini dapat dilaksanakan di tingkat Rukun Warga (RW), dusun, desa/ kelurahan dan sekolah. Program ini mempersiapkan masyarakat yang terlibat dalam ketahanan iklim dan rendah emisi gas rumah kaca (GRK) dalam pola hidup.

 

“Berdasarkan kondisi tersebut maka lembaga pendidikan perlu memanfaatkan peluang ini untuk menjaga kelestarian lingkungan terkhusus di sekolah. Keterlibatan guru dan karyawan serta siswa perlu dibangun untuk perwujudan kamlung iklim di lingkungan sekolah. Termasuk di SMA Negeri 4 Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sekolah ini terletak di perbatasan antara Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan, berada dekat Jembatan Perawang,” demikian dikatakan Sudaryanto.  

 

SMA Negeri 4 Tualang bertempat di daerah Kampung Maredan Kabupaten Siak dengan luas lebih kurang 20.000  yang merupakan tanah hibah dari warga setempat. Mayoritas siswa-siswi yang berlajar di sekolah ini merupakan pendatang dari berbagai daerah. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan ini pengabdian perguruan tinggi bagi masyarakat adalah adalah terjalin kemitraan antara perguruan tinggi dan sekolah. Kemudian terlaksana sosialisasi/ penyuluhan tentang program kampung iklim dan pemanfaatan lahan sekolah untuk menjaga kelesatarian lingkungan.

 

Mendukung program kelestarian lingkungan sekolah baik dalam program kampung iklim (proklim) maupun adiwiyatama, telah terjalin komunikasi antara pihak perguruan tinggi dalam hal ini Dosen Universitas Lancang Kuning Sudaryanto MSi dan Kepala SMA  Negeri 4 Tualang saat menjabat yakni Yeni Marlina. Dalam kesempatan tersebut ia sangat menyambut baik potensi kelestarian lingkungan di sekolah dan berharap dapat terwujud.    



Edukasi Proklim sebagai Kontribusi NDC
Selasa, 11 Jun 2024, 06:46:30 WIB, Dibaca : 137 Kali
Membangun Kelestarian Di LIngkungan Sekolah
Senin, 12 Feb 2024, 13:59:07 WIB, Dibaca : 335 Kali
Dosen FIA Unilak Kembangkan UMKM Desa
Senin, 12 Feb 2024, 12:15:48 WIB, Dibaca : 335 Kali

Tuliskan Komentar
Sekilas Info
Bagi dosen, dapat melengkapi data pada laman https://sister.unilak.ac.id/ pada menu Profil > Data Pr
Diinformasikan kepada mahasiswa FIA Unilak agar mengisi data di PDDIKTI paling lambat 4 September 20
Pembayaran SPP Mahasiwa diperpanjang mulai tanggal 1 September sd 15 September 2020
Audit mutu internal
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning di Web https://pmb.unilak.ac.id
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 2
Pengunjung Hari ini 84
Hits hari ini 174
Total Hits 259631
Total pengunjung 97800