Jumat, 20 Nov 2020, 22:13:43 WIB, 3269 View Widi, Kategori : Unilak

Ket Foto : Tim dosen Unilak, Azwin, SP, M.Si, Dr. Ir. Ervayenri, M.Si dan Hanifah Ikhsani, S.Hut, M.Si, beri ratusan bibit tanaman produktif kepada warga perumahan di Kecamatan Rumbai.

Unilak - Pandemi virus corona yang telah berlangsung lebih dari 9 bulan di Indonesia menyebabkan terjadi keterbatasan aktifitas gerak masyarakat untuk berpergian keluar kota ataupun berwisata. Namun disisi lain pandemi corona juga berdampak ke masyarakat yang memiliki banyak waktu saat berada dirumah sehingga memunculkan hobi baru dengan melakukan aktifitas berkebun. Hobi berkebun yang di gandrungi di masa Pandemi ini kemudian ditangkap oleh tim dosen Universitas Lancang Kuning (unilak) untuk mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan penghijauan dan pemberian bibit tanaman produktif di Perumahan Padma Rumbai Pekanbaru. Jumat, (20/11/2020).

Tim dosen yang terlibat yaitu, sebagai ketua Azwin, SP, M.Si, dengan anggota Dr. Ir. Ervayenri, M.Si dan Hanifah Ikhsani, S.Hut, M.Si, pelaksanaan kegiatan dengan melibatkan 30  warga perumahan. Menurut Azwin, SP.MSi, kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam kegiatan penghijauan dan kontribusi nyata dosen Unilak bagi masyarakat dalam rangka peningkatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Di saat pandemi Corona hobi berkebun banyak dilakukan warga, sehingga kami (tim dosen)  langsung mengadakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pengetahuan kepada warga perumahan tentang cara penghijauan, bercocok tanam, pemupukan, perawatan tanaman, dan lain lain, ujar Azwin yang juga dosen Fakultas Kehutanan Unilak

Di jabarkan Azwin bahwa saat mengadakan pengabdian tim dosen juga memberikan video yang berisikan materi bagaimana tata cara menanam mulai dari cara membuat lubang tanam, cara menanam, memupuk dan pemeliharaannya sehingga bisa diikuti dan dilaksanakan oleh warga secara mandiri. Pemberian video agar  memudahkan warga dalam memahami cara menanam dan merawat bibit yang diberikan. 

Di saat melakukan pengabdian tim dosen Unilak juga memberikan 120 batang bibit tanaman produktif berbagai jenis, diantaranya, Lengkeng, Sirsak, Mangga, Durian dan lain-lain. " 120 bibit dengan berbagai jenis tanaman produktif seperti lengkeng, sirsak, mangga, durian dan lain-lain kami berikan untuk ditanam oleh warga dihalaman rumah, lingkungan perumahan maupun diareal Fasilitas Umum (Fasum) yang mereka miliki. Sehingga komplek perumahan dapat semakin hijau dan teduh, " ujar Azwin yang sering memberikan pelatihan.

Azwin, SP, M.Si menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya tanaman penghijauan dilingkungan tempat tinggal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat memiliki minat yang tinggi untuk menanam pohon yang kita ketahui memiliki banyak fungsi. Selain berfungsi sebagai penghijauan, pohon juga menambah nilai estetika dan keindahan, menciptakan kondisi lingkungan yang sejuk dan nyaman serta ketika pohon sudah besar dapat memproduksi buah yang bisa dimanfaatkan oleh warga. 

 

 

 

 

 

 

 



Wakil Rektor III Unilak Berharap Unilak Archery Club Lahirkan Atlet Panahan Nasional
Sabtu, 23 Mar 2024, 11:13:47 WIB, Dibaca : 330 Kali
Taman Kehati Unilak-PHR Raih Rekor Muri
Selasa, 19 Mar 2024, 16:25:31 WIB, Dibaca : 333 Kali
Magister Akuntansi Resmi Berdiri di Unilak, Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah dibuka
Sabtu, 16 Mar 2024, 09:07:52 WIB, Dibaca : 451 Kali

Tuliskan Komentar
Sekilas Info
Bagi dosen, dapat melengkapi data pada laman https://sister.unilak.ac.id/ pada menu Profil > Data Pr
Diinformasikan kepada mahasiswa FIA Unilak agar mengisi data di PDDIKTI paling lambat 4 September 20
Pembayaran SPP Mahasiwa diperpanjang mulai tanggal 1 September sd 15 September 2020
Audit mutu internal
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning di Web https://pmb.unilak.ac.id
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 0
Pengunjung Hari ini 111
Hits hari ini 232
Total Hits 231605
Total pengunjung 86193